Sunday, April 28, 2013

Mendidik Anak


Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Kali ini penulis akan berbagi tentang mendidik anak. Mendidik anak sama artinya mendidik generasi penerus kita. Apabila salah dalam mendidik anak maka generasi kita menjadi generasi yang rusak, begitupula sebaliknya apabila kita baik dalam mendidik anak, maka anak kita akan menjadi generasi yang sholih, generasi yang berakidah. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak. Mulai anak itu berada dalam kandungan sampai kita meninggal. Oleh karena itu kita selalu meminta kepada Allah agar mendapatkan keturunan yang sholih sebagaimana dalam QS. al-Furqan: 74 sering kita berdoa ربّنا هب لنا من أزواجنا وذرّيتنا  ”ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami” generasi kami قرّة أعين “penyenang hati” dikala diberikan cobaan maupun kesenangan واجعلنا للمتقين إماما dan jadikanlah kami iman bagi orang-orang yang bertakwa”.
Itu sebabnya Allah pesan benar-benar يأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهلكم نارا hay orang-orang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu, anak-anakmu, isteri-isterimu dari api neraka. Bagaimana padamulanya kita mendidik mereka apa yang dicontohkan pada al-Qur’an, orang-orang tua bijaksana yang diceritakan dalam al-Qur’an kalau sudah berfikir dalam mendidik anak generasi yang akan datang, pendidikan pertama yang ditanamkan dalam diri anaknya adalah persoalan akidah. Diceritakan dalam QS. al-Baqarah: 133 ketika nabi Yaqub hendak meninggal menanyakan kepada anak-anaknya  إذ قال لبنيه ما تعبدون من بعدى “ketika ia berkata kepada anak-anaknya: "Apa yang kamu sembah sepeninggalku?" nabi Ya’qub meyakinkan dengan menanyakan anak-anaknya setelah dia meninggal apakah yang mereka sembah ما تعبدون من بعدى bukan ماتأكل من بعدى apa yang mereka makan setelahku, berbeda dengan zaman sekarang orang tua tidak memikirkan apa yang kamu sembah setelah aku tidak tetapi apa yang kamu makan setelah aku tiada. Maka yang dicari adalah sekolah-sekolah yang munafik, yang tidak perduli apakah itu merusak imannya, mematikan akidahnya, menghancurkan keyakinannya yang penting ada jaminan masa depan bisa dapat lapangan kerja. Terus apa jawab anak nabi Ya’qub قالوا نعبد إلهك وإله ءابآئك إبراهيم وإسمعيل وإسحق إلها واحدا ونحن له مسلمون mereka menjawab: "Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan yang Maha Esa dan Kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
Oleh sebab itu kita dianjurkan untuk berdoa sebagaimana doa nabi Ibrahim ربي هبلى من الصّالحين “ya Tuhanku jadikanlah keturunku menjadi orang-orang yang berserah diri”, dan juga menjadi orang-orang yang selalu mendirikan sholat sebagaimana dalam QS. Ibrahim: 40 ربّ اجعلنى مقيم الصلواة و من ذرّيّتى...الخ“ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap medirikan sholat”. Mendirikan sholat juga adalah salah satu pokok terpenting dalam mendidikan anak dari usia dini مروا أولادكم بالصلاة   perintahkan anakmu untuk melaksanakan sholat disaat usia 7 tahun واضربوهم boleh dipukul kalau anak sudah usia 10 tahun.
Tidak hanya itu saja anak-anak kita juga dapat menjadi finah, musuh bagi kita
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌيَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ وَأَوْلَادِكُمْ عَدُوًّا لَكُمْ فَاحْذَرُوهُمْ وَإِنْ تَعْفُوا وَتَصْفَحُوا وَتَغْفِرُوا فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ إِنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَاللَّهُ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
“Hai orang-orang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sungguh Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar.” (at-Taghabun: 14-15)
Intinya adalah dari penjelasan diatas jagalah anak-anak kita, jangan sampai terjerumus kedalam api neraka karena apabila kita tidak dapat menjaganya kitapun akan juga dimasukan kedalam neraka beserta keluarga kita يأيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهلكم نارا.
Mohon maaf apabila terjadi kesalah dalam kata-kata maupun penulisan, karena penulis juga masih belajar, dan mohon masukannya.

Emoticon Ini Tidak Untuk Komentar Lewat Facebook.Copas Kode Pada Komentar Mu....
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Previous Post Next Post Home
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon maaf apabila terdapat komentar yang sesuai kriteria di bawah ini akan dihapus, demi kenyamanan bersama

1. Komentar berbau pornografi, sara, dan menyinggung.
2. Mencantumkan link hidup.
3. Mengandung SPAM.
4. Mempromosikan Iklan.

Terima kasih atas perhatiannya.