Friday, May 17, 2013

Konsep PBSA





Konsep, Tujuan dan Peran Guru dalam Strategi Pembelajaran Berbasis Aktif Siswa (PBAS)
Sesuai dengan pandangan PBAS dimana suatu pendekatan pembelajaran dalam menekankan kepada aktivitas siswa secara optimal untuk memperoleh hasil belajar perpaduan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang.

Adapun hal-hal yang harus dipahami dari konsep diatas seperti:

  • Pertama, dipandang dari proses pembelajaran, PBAS menekankan kepada aktivitas siswa secara optimal, artinya PBAS menghendaki keseimbangan antara aktivitas fisik, mental, termasuk emosional dan aktivitas intelektual.
  • Kedua, dipandang dari sisi hasil belajar, PBAS menghendaki hasil belajar yang seimbang dan terpadu antara kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik).


Tujuan PBAS
Dengan uraian diatas tersebut maka PBAS sebagai salah satu bentuk inovasi dalam memperbaiki kualitas proses belajar mengajar bertujuan untuk membantu peserta didik agar bisa belajar mandiri dan kreatif, sehingga ia dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat menunjang terbentuknya kepribadian yang mandiri.
Sedangkan, secara khusus pendekatan PBAS bertujuan:
  • Pertama, meningakatkan kualitas pembelajaran agar lebih bermakna,
  • Kedua, mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa.

Peran Guru dalam Implementasi PBAS
Dalam implemantasi PBAS, guru tidak berperan sebagai satu-satunya sumber belajar yang bertugas menuangkan materi pelajaran kepada siswa, akan tetapi yang lebih baik adalah bagaimana memfasilitasi agar siswa belajar. Oleh karena itu, penerapan PBAS menuntu guru untuk kreatif dan inovatif sehingga mampu menyelesaikan kegiatan mengajarnya dengan gaya karekteristik belajar siswa. Untuk itu beberapa kegiatan yang dapat dilakukan guru, diantaranya adalah:
  1. mengemukakan berbagai alternatif tujuan pembelajaran yang harus dicapai sebelum kegiatan pembelajaran dimulai,
  2. menyusun tugas-tugas belajar bersama siswa,
  3. memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan,
  4. memberikan bantuan dan pelayanan kepada siswa yang memerlukan,
  5. memberikan motivasi, mendorong siswa untuk belajar, membimbing, dan lain sebagainya melalui pengajuan pertanyaan-pertanyaan,
  6. membantu siswa dalam manarik suatu kesimpulan.
Selain peran-peran diatas, masih ada tugas lain yang menjadi tanggung jawab guru. Misalnya, menakala siswa memerlukan sesuatu informasi tertentu, maka guru berkewajiban untuk menunjukkan di mana informasi itu dapat diperoleh siswa. Dengan demikian, guru tidak menempatkan diri sebagai sumber informasi, tetapi berperan sebagai penunjuk dan fasilitator dalam memanfaatkan sumberbelajar

Emoticon Ini Tidak Untuk Komentar Lewat Facebook.Copas Kode Pada Komentar Mu....
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i:
:j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r:
:s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z: :ab:
Previous Post Next Post Home
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Mohon maaf apabila terdapat komentar yang sesuai kriteria di bawah ini akan dihapus, demi kenyamanan bersama

1. Komentar berbau pornografi, sara, dan menyinggung.
2. Mencantumkan link hidup.
3. Mengandung SPAM.
4. Mempromosikan Iklan.

Terima kasih atas perhatiannya.