I.
PENDAHULUAN
Ø TKA-TPA
atau TPQ adalah lembaga pendidikan yang berpijak pada filosofi “Taman” yaitu
mengacu pada prinsip “rapi, indah dan menyenangkan.”
Ø Tujuan
pendidikan diTKA-TPA adalah menyiapkan landasan rohani, emosi, dan tradisi pada
anak sebagai generasi Qur’ani dengan materinya mencakup :
1. Pengetahuan
keagamaan (khususnya yang berhubungan dengan Al-Qur’an)
2. Pengalaman
keagamaan.
3. Keyakinan
keagamaan.
Ø Oleh
karena itu metode BCM sebagai daya pikat yang didasarkan pada fitroh kejiwaan
anak dengan pola pendekatan “happy learning” (keceriaan) sangat diperlukan
dalam menunjang keberhasilan pendidikan dan pengajaran di TKA-TPA
II.
BERMAIN
Ø Permainan
adalah dunia anak yang sejati.
Ø Merupakan
kegiatan santai, menyenangkan tanpa beban yang menghasilkan sesuatu.
Ø Fungsi
permnainan :
1. Membangun
kreatifitas anak
2. Sarana
mengenal lingkungan
3. Sarana
pendidikan emosi
4. Sebagai
hiburan dan selingan dari kejenuhan
5. Belajar
bekerjasama dengan orang lain
6. Sebagai
media penyampaian pesan.
III.
CERITA
“Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling
baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu.”
(QS.
Yusuf: 3)
“Maka ceritakanlah (kepada
mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.” (QS.
Al-A’raf: 176)
Mengingat begitu
besarnya perhatian Allah pada metode bercerita ini tentu wajar jika terbersit
pertanyaan di hati kita, mengapa metode bercerita ini efektif sekali?
Jawabannya adalah :
1. Cerita
umumnya lebih berkesan daripada nasehat murni, sehingga pada kebanyakan hal,
cerita yang kita dengar di masa kanak-kanak dulu masih bisa kita ingat dengan
utuh berpuluh-puluh tahun.
2. Melalui
cerita, manusia diajarkan untuk mengambil hikmah tanpa merasa digurui. Harus
diakui seringkali hati kita tidak merasa nyaman bila harus dikhutbahi dengan
segerobak nasehat yang berkepanjangan.
A. Fungsi
cerita
1. Sarana kontak batin antara unstadz-ustadzah dengan santri.
2. Pendidikan
imajinasi/ fantasi.
3. Pendidikan
emosi (perasaan)
4. Media
penyampaian pesan/ nilai-nilai agama.
5. Membantu
proses identifikasi diri/ perbuatan.
6. Memperkaya
pengalaman bathin.
7. Hiburan/
penyegaran & penarik perhatian.
B. Tehnik
Penyajian
1. Total
2. Satukan
perhatian anak.
3. Visualisasi
gerak/ peragaan (acting)
4. Ekspresif
5. Ilustrasi
suara, suara lazim & tak lazim :
a. Suara
asli
b. Suara
besar dan suara kecil
c. Suara
hewan
d. Suara
kendaraan, dll
6. Media
atau alat peraga
7. Humor
IV.
MENYANYI
A. Fungsi
Menyanyi
1. Pendidikan
Emosi
Nyanyian atau lagu biasanya telah
diciptakan dengan membawa satu jiwa emosi tertentu. Misalnya lagu gembira, penuh semangat, lagu
sedih, lagu pujian, lagu lembut, haru, dsb. Lagu-lagu dengan emosi ini besar
pengaruhnya pada anak-anak terutama dalam membentuk kepekaan mereka.
2. Pendidikan
Motorik
Lagu dan nyanyian memang mempunyai efek
lain yaitu menggerakkan tubuh. Setiap lagu tidak akan terlepas dari ketukan,
sehingga merangsang tubuh untuk
mengikuti sesuai dengan ketukan-ketukan lagu. Ini semua sangat
bermanfaat bagi anak terutama dalam perkembangan kemampuan motorik.
B. Memilih
lagu yang TEPAT untuk anak
Meneliti
syair dan tema lagu
Lagu
diajarkan di lembaga pendidikan Islam haruslah mendukung tercapainya tujuan
pendidikan.Ustadz/ah harus pandai memilih lagu-lagu yang Islami. Setidaknya
tidak bertentangan dengan nilai Islam, maka dalam memilih lagu ustadz/ah harus
meneliti syair dan temanya.
V.
PENUTUP
Ø Pengembangan
kretivitas bagi para ustadz/ah mutlak diperlukan.
Ø BCM
sebagai suatu metode pengajaran di TKA-TPA terbukti mampu mengembangkan daya
nalar & kreativitas santri.
Ø Materi
TKA-TPA akan lebih bernilai apabila diramu dan dikemas dalam paket yang digandrungi
santri, sehingga tanpa banyak keluar energi santri menyerap banyak materi.
MACAM-MACAM
TEPUK
v Tepuk
Ikrar
1. Tepuk
Tenang
xx Bila aku xx sedang ngaji xx maka aku
xx harus tenang 1 2 3 4
2. Tepuk
Anak Sholeh
xx aku xx anak sholeh xx rajin sholat xx
rajin ngaji xx orangtua xx dihormati xx cinta Islam xx sampai mati xx laa ilaha
illallah muhammadarrosulullah. Islam... Islam... Islam... Yes!!!
v Tepuk
Tanya Jawab
1. xx
nabimu xx Muhammad xx Ayahnya xx Abdullah xx Ibunya xx Aminah xx Pamannya xx
Abu Thalib xx Kakeknya xx Abu Muthalib xx Istrinya xx Khodijah xx Putrinya xx
Fatimah xx Lahirnya xx di Mekah xx harinya xx hari senin xx tanggalnya xx dua
belas xx bulannya xx rabi’ul awal xx tahunnya xx tahun gajah xx wafatnya xx di
Madinah.
2. Tepuk
Malaikat
xx kirim wahyu xx Jibril xx bagi rizki
xx Mikail xx catat amal xx Roqib Atid xx amal baik xx Roqib xx amal buruk xx
Atid xx trompet kiamat xx Isrofil xx cabut nyawa xx Izroil xx tanya kubur xx
Munkar Nakir xx jaga syurga xx Ridwan xx jaga neraka xx Malik.
3. Tepuk
Al-Qur’an
xx kitabmu xx Al-Qur’an xx surat kesatu
xx A-l-Fatihah xx kedua xx Al-Baqoroh xx ketiga xx Ali Imron xx keempat xx
An-Nisa xx kelima xx Al-Maidah xx keenam xx Al-An’am xx ketujuh xx Al-A’raf xx
kedelapan xx Al-Anfal xx kesembilan xx At-Taubah xx tidak pakai xx
Basmallah.
v Tepuk
Gabungan
1. Tepuk
Istiqomah
xx aku xx anak Islam xx slalu bangga xx
dengan Islam xx istiqomah xx dalam Islam xx jadi mentri xx tetap Islam xx jadi
mantri xx tetap Islam xx tukang becak xx tetap Islam xx sampai mati xx tetap
Islam, Islam.. Islam... Yuk..
2. Tepuk
masuk syurga
xx bila kita xx ingin syurga xx
berimanlah xx beramalah xx berakhlak xx karimah xx yang bandel xx no way xx
yang durhaka xx no way xx yang tak ngaji xx no way xx dengan ngaji xx okey
v Tepuk
dengan Lagu
1. Kalau
kau suka ngaji tepuk tangan xx kalau kau suka ngaji, mari kita lakukan, kalau
kau suka ngaji tepuk tangan xx
2. Siapa
nama Tuhanmu yang Esa (Allah) xx Allah kan menyayangi, Allah kan mencintai pada
santri yang rajin mengaji xx
3. Mau
kah kau jadi anak yang taat (mau), hormati orangtua, jaga ustadz-ustadzah,
sayang kawan dan suka memaafkan xx
4. Sanggupkah
kau jadi anak yang sholeh (sanggup) belajar dan mengaji, baca Al-Qur’an suci,
tegakkan sholat yang lima kali xx
v Lagu
Gubahan
1.
Tuhan
saya Allah
Lagu : Topi saya bundar
Allah Tuhan saya, Allah Tuhan kita
Kalau bukan Allah, bukan Tuhan kita.
Tuhan saya Esa, Esa Tuhan kita
Kalau tidak Esa, bukan Tuhan kita
2.
Jalan
Masuk Syurga
Lagu : satu-satu
Satu-satu aku cinta Allah
Dua-dua cinta Rasulullah
Tiga-tiga cinta Ibu Bapak
Satu, dua, tiga, jalan masuk syurga.
3.
Kalimat
Thayibah
Lagu : baju baru
Melihat yang indah, Subhanallah
Mendapat nikmat, Alhamdulillah
Kaki tersandung, Innalillah
Kalau bersalah, Astaghfirullah
Mau makan baca bismillah
Selesai makan baca hamdallah
Mau tidur bacalah doa
Bangun tidur bacalah doa
4.
Seragam
TK Al-Qur’an
Lagu : dua mata saya
Lihat seragam kami
Di TK Al-Qur’an
Berbusana muslim
Rapi
menyenangkan
Yang putra berpeci
Yang putri berjilbab
Baju celana panjang
Aurat tak kelihatan
dikutip dari hasil pelatihan ustadz/ah di Palangka Raya
Sangat membantu karena butuh ide. Trims
ReplyDelete